Periskop.id - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menyebutkan, kini kapasitas Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, mengalami peningkatan. Pintu masuk utama Indonesia ini, sekarang bisa mengakomodir sebanyak 96 juta pengguna jasa penerbangan.
Hal tersebut, sejalan dengan hasil tahapan revitalisasi Terminal 1C Bandara Soetta yang mulai aktif kembali pada 12 November 2025, dengan peningkatan kapasitas dari tiga juta menjadi 10 juta penumpang per tahunnya.
"Pengaktifan Terminal 1C Bandara Soetta berdampak pada meningkatnya kapasitas total Bandara Soekarno-Hatta menjadi mencapai 96 juta penumpang per tahun," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) Mohammad R Pahlevi, di Tangerang, Senin (10/11).
Menurutnya, adanya peningkatan ini, sekaligus menjadi salah satu pencapaian strategis dan penting dalam transformasi bandara yang tengah dijalankan olah InJourney Airports. "Adapun Bandara Soekarno-Hatta melayani penumpang melalui Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3," ujarnya.
Pahlevi mengatakan, peningkatan kapasitas ini turut memperkuat daya saing Bandara Soekarno-Hatta dengan pelayanan di bandar udara yang ada di dunia.
"Kapasitas Bandara Soekarno-Hatta kini telah mendekati 100 juta penumpang per tahun. Ini menegaskan, Bandara Soekarno-Hatta memastikan kesiapan dalam mengantisipasi pertumbuhan trafik penerbangan serta memperkuat posisi sebagai salah satu bandara terbesar dunia," tuturnya.
Ia menambahkan, pengoperasian secara penuh Terminal 1C Bandara Soetta juga mendukung program rebalancing, dengan melakukan realokasi maskapai dari satu terminal ke terminal lainnya. Hal ini diperlukan agar trafik penerbangan dapat terdistribusi merata, sehingga fasilitas di setiap terminal dapat optimal dalam memberikan kenyamanan.
"Hal ini juga menjadi salah satu upaya traffic management di sisi darat bandara yang sebelumnya padat menjadi lebih nyaman. Sebelumnya, Terminal 2F Khusus Haji dan Umrah juga sudah dioperasikan setelah proses revitalisasi," ujarnya.
Sudah Layani Penumpang
Sejak Agustus 2025, Terminal 1C sudah melayani penumpang pesawat Citilink untuk sejumlah rute penerbangan. Pada 12 November 2025 rencananya seluruh penerbangan Citilink di Bandara Soekarno-Hatta akan dilayani melalui Terminal 1C.
Lebih lanjut, kata dia lagi, Terminal 1C dapat memberikan journey experience yang lebih baik bagi penumpang pesawat dengan desain yang memadukan budaya dan modernitas.
"Mengusung desain yang memadukan modernitas dan budaya Indonesia, hasil revitalisasi Terminal 1C menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan berkarakter. Elemen khas seperti bata merah terakota, lampu gantung, serta ornamen ikonik Terminal 1 tetap dipertahankan, dipadukan dengan tata ruang dan teknologi mutakhir," bebernya.
Untuk diketahui, Terminal 1C mengadopsi konsep pemeriksaan keamanan desentralisasi, dalam artian titik security check point (SCP) untuk pemeriksaan penumpang dan barang bawaan ke kabin dilakukan di masing-masing gate keberangkatan. Terminal 1C juga dilengkapi dengan 40 check-in counter serta tujuh unit baggage conveyor.
Revitalisasi Terminal 1C sendiri, merupakan bagian dari Program Transformasi pada pilar Premises untuk menghadirkan infrastruktur bandara yang berkelas dunia. Transformasi dijalankan InJourney Airports untuk membawa Bandara Soekarno-Hatta berada di dalam daftar 10 bandara terbaik dunia pada 2029 dari saat ini di peringkat 25.
Tinggalkan Komentar
Komentar