periskop.id - Orang-orang tampaknya tertarik dengan suvenir atau barang unik, bahkan yang mengingatkan pada bencana ekonomi. Sebuah hoodie hitam seharga US$180 atau sekitar Rp 3juta (asumsi kurs Rp16.671,60 per US$) dengan tulisan ‘2008 Global Financial Crisis’ di bagian depan kini ludes terjual secara online.
Hoodie dari merek streetwear Praying ini hadir dengan efek distress ekstrem, memberi kesan robek dan usang yang edgy. Lengan hoodie tersebut menampilkan tanggal Desember 2007 dan Juni 2009, menandai awal dan akhir Great Recession.
Generasi X dan milenial tua jelas lebih mengingat krisis ini dibandingkan generasi muda saat ini. Krisis terjadi ketika gelembung properti AS pecah, menyebabkan kerugian besar bagi pemilik rumah, Wall Street, dan investor biasa. Keruntuhan ini memicu Great Recession, dengan tingkat pengangguran melonjak hingga 10% dan menciptakan pasar kerja yang suram bertahun-tahun.
Namun bagi sebagian Gen Z, krisis ini hanya mereka pelajari di kelas ekonomi. Dan kini malah menjadi kesempatan untuk menjadi tren fashion.
Contohnya, pemain NBA Robert Dillingham baru-baru ini terlihat mengenakan hoodie ini. Point guard Minnesota Timberwolves itu lahir tahun 2005, sehingga usianya baru 3 tahun saat krisis terjadi pada 2008.

Merek Praying didirikan pada 2019 oleh sahabat lama Alex Haddad dan Skylar Newman, menurut wawancara mereka dengan Vogue Hong Kong pada 2022. Sejak itu, produknya dikenakan oleh selebriti seperti Megan Thee Stallion dan Olivia Rodrigo. Para pendiri membandingkan desain mereka dengan meme, dan memberi wawasan soal inspirasinya.
"Ketika frasa-frasa ini dilepaskan dari konteks dan makna aslinya, lalu dicetak pada pakaian dan produk dalam skala besar, mereka berubah menjadi pesan provokatif," ujar Haddad kepada Vogue, dilansir dari Business Insider, Sabtu (22/11).
Selain hoodie, Praying juga menjual pakaian bertema krisis finansial lain, termasuk jersey, polo, dan kaos US$72 ‘dirty tee’, yang semuanya sudah habis terjual.
Seiring waktu, peristiwa global menjadi lebih abstrak, sehingga muncul meme dan lelucon dari generasi yang terlalu muda untuk memahami sepenuhnya atau bahkan belum lahir saat itu. Misalnya, lebih dari 20 tahun setelah 11 September 2001, lelucon soal ‘9/11’ kini lebih santai, menunjukkan Gen Z tidak takut dengan humor gelap (dark joke).
Menanggapi unggahan Timberwolves yang menampilkan Dillingham mengenakan hoodie, banyak orang bertanya di kolom komentar di mana bisa membelinya.
Namun satu pengguna media sosial membalas dengan cuplikan film ‘The Big Short’, menampilkan Christian Bale yang berperan sebagai Michael Burry, yang terkenal karena meramalkan krisis finansial 2008. Kemungkinan besar, banyak milenial dan Gen X bereaksi terhadap hoodie ini dengan ekspresi serupa.
Tinggalkan Komentar
Komentar