periskop.id - Corporate Secretary Cinema XXI Indah Tri Wahyuni menjelaskan bahwa video tentang kinerja kabinet Presiden Prabowo Subianto yang sempat tayang di jaringan bioskopnya merupakan Iklan Layanan Masyarakat (ILM). 

Ia juga memastikan periode penayangan ILM tersebut telah berakhir pada akhir pekan lalu.

"Penayangan materi seputar kinerja sosial kabinet Presiden Prabowo merupakan ILM yang ditayangkan selama satu minggu, yakni 9-14 September 2025," ujar Indah Tri Wahyuni dalam keterangan resminya, Senin (15/9).

Penayangan video tersebut sebelumnya menjadi perbincangan hangat di media sosial. 

Sejumlah penonton bioskop merekam dan membagikan klip iklan yang muncul di layar lebar sebelum film utama diputar, pada slot yang biasa diisi oleh trailer dan iklan komersial.

Berdasarkan video yang beredar, iklan tersebut menampilkan sejumlah program prioritas pemerintah, seperti Makan Bergizi Gratis (MBG) dan Koperasi Desa Merah Putih. 

Iklan itu juga memaparkan capaian kinerja, antara lain total produksi beras nasional dan jumlah Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi (SPPG) yang telah beroperasi.

Menanggapi sorotan publik, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan (PCO) Hasan Nasbi angkat bicara. Ia berpendapat bahwa layar bioskop, sama seperti televisi, dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan pemerintah kepada masyarakat.

"Kalau pesan komersial saja boleh, kenapa pesan dari pemerintah dan presiden enggak boleh," ujarnya kepada wartawan, Minggu (14/9).

Hasan menambahkan, tujuan penayangan video itu adalah untuk menyosialisasikan apa yang telah dikerjakan oleh pemerintah. Meskipun demikian, ia mengklaim kerja sama dengan berbagai pihak untuk sosialisasi ini tidak menggunakan biaya apa pun dan mengandalkan komunikasi yang baik.