Search

Logo Light

Keluar dari Periskop?

Sign Out Cancel

Tersertifikasi Nürburgring, Xiaomi SU7 Ultra Track Edition Jadi Sedan Balap Serius

JAKARTA - Xiaomi meluncurkan SU7 Ultra Track Edition, versi performa tinggi dari sedan listrik yang bahkan secara spesifikasi standarnya sudah bukan di level sedan kencang biasa di pameran Otomotif Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay Area 2025.

Dikutip dari Antara, Senin (2/6), varian baru ini ditawarkan sebagai “Track Professional Package”, sebuah kendaraan listrik yang dibangun di atas kemampuan SU7 Ultra yang sudah ada dengan serangkaian perangkat keras khusus untuk performa level mobil sirkuit.

Paket peningkatan opsional ini dibanderol seharga 100.000 yuan (US$13.880) atau sekitar Rp226 juta yang hingga saat ini belum secara resmi dijual untuk umum.

Track Edition dilengkapi dengan coilover Bilstein EVO R yang dapat disesuaikan, ban semi-slick Pirelli P Zero Trofeo RS, bantalan rem racing Endless, dan pelek forged berbentuk U berukuran 21 inci yang semuanya dikembangkan bersama untuk penggunaan balap.

Xiaomi telah menguji edisi khusus ini di Sirkuit Shanghai dan Nürburgring di Jerman secara ekstensif.

Dari segi desain, Track Edition menghadirkan beberapa peningkatan visual dan fungsional, termasuk emblem khas Xiaomi dari serat karbon emas 24 karat.

Terinspirasi oleh purwarupa awal Xiaomi, kap mesin serat karbon dua saluran mampu mengurangi bobot sedan ini hingga 1,3 kg dan dilengkapi dua ventilasi terintegrasi untuk meningkatkan aliran udara di bagian depan.

Komponen serat karbon tambahan meluas ke atap hingga spoiler belakang, diffuser, rumah kaca spion, dan side skirt.

Stiker "Ultra" berwarna perak di bagian samping menjadi salah satu pembeda paling jelas dari SU7 Ultra versi standar dan sensor LiDAR tetap terpasang di atap.

Di dalam kabin, Track Edition secara luas mencerminkan DNA motorsport-nya menggunakan bahan Alcantara dan serat karbon.

Hingga 21 bagian trim interior dilapisi serat karbon, termasuk roda kemudi (dengan garis tengah kuning), sandaran kursi, konsol tengah, panel pintu, dan kusen pintu yang menyala.

Kluster instrumen 7,1 inci dan layar sentuh tengah 16,1 inci merupakan instrumen utama, didukung oleh sistem audio imersif 25 speaker dan pengisi daya telepon nirkabel ganda 50W.

Baik model SU7 Ultra standar maupun Track Edition menggunakan sistem penggerak tiga roda yakni dua motor V8 yang dipasang di belakang menghasilkan 578 hp masing-masing dan motor V6 yang dipasang di depan dengan daya 392 hp, menghasilkan total 1.548 hp.

Akselerasi dari 0–100 km/jam hanya membutuhkan waktu 1,98 detik, dengan kecepatan tertinggi 350 km/jam. Tenaga disuplai oleh baterai CATL Kirin II 93,7 kWh yang dioptimalkan untuk debit tinggi (5,2C) dan beroperasi pada 897V. Jangkauan standarnya dinilai CLTC pada 630 km.

Di lintasan, Track Edition telah membuktikan kemampuannya. Ia mencatat waktu putaran 2:09.944 di Sirkuit Internasional Shanghai, lebih cepat dari Porsche Taycan Turbo GT.

Atas hasil ini, Xiaomi telah mendapatkan hak penamaan untuk Tikungan 12 di Nürburgring, yang sekarang diberi label "Xiaomi Curve."

Baca Juga
Ikuti Periskop Di
Reporter : Joko Priyono
Penulis : Tiamo Braudmen
Editor : Eka Budiman
rendi_widodo
rendi_widodo
Penulis
No biography available.
Komentar (2)
1000 karakter tersisa
Avatar
Haji Yunus
3 Jam Yang Lalu
Siaaaaaaaaap

Avatar
Margono
7 Jam Yang Lalu
Anggota boleh bawa senjata, asalkan