Search

Logo Light

Keluar dari Periskop?

Sign Out Cancel

China Akan Batasi Mode Berkendara Satu Pedal

JAKARTA - China memperkenalkan standar nasional baru untuk sistem pengereman mobil penumpang yang akan memengaruhi mode “mengemudi dengan satu pedal”.

Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar dan Administrasi Standardisasi Tiongkok setuju tentang aturan pelarangan kendaraan menggunakan mode pedal tunggal yang memungkinkan perlambatan hingga berhenti total hanya dengan melepaskan pedal gas.

Mengutip Antara, Selasa (8/7) waktu setempat, standar baru ini akan diterapkan secara bertahap untuk sebagian besar jenis kendaraan baru yang disetujui pada 1 Januari 2026. Sedangkan ketentuan khusus mengenai mode pedal tunggal akan mulai berlaku pada 1 Januari 2027.

Adapun aturan yang paling menonjol di antaranya: Pemasangan ABS wajib. Semua kendaraan penumpang yang baru disetujui akan diwajibkan memasang ABS (Anti-lock Braking System).

Teknologi keselamatan aktif yang matang ini membantu mencegah roda terkunci saat pengereman darurat, menjaga stabilitas dan kendali kendaraan, serta secara signifikan mengurangi risiko tergelincir.

Pembatasan pada mode pedal tunggal menjadi aturan baru yang secara khusus membahas sistem pemulihan energi yang umum pada kendaraan energi baru. Peraturan tersebut melarang kendaraan disetel ke mode default di mana melepaskan pedal gas saja dapat menghentikan kendaraan sepenuhnya.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko pengemudi mengalami reaksi tertunda terhadap pedal rem dalam situasi mendesak.

Terakhir, aktivasi lampu rem untuk pemulihan energi. Standar tersebut juga mengamanatkan bahwa lampu rem harus menyala saat deselerasi yang disebabkan oleh pemulihan energi. Sinyal ini harus tetap aktif selama deselerasi terjadi, memberi tahu kendaraan di belakang dan pengguna jalan lain serta mengurangi kemungkinan tabrakan dari belakang.

Di sisi lain, CEO Tesla Elon Musk pernah mengatakan bahwa mengemudi dengan satu pedal sebagai "bentuk utama mengemudi masa depan" karena menyederhanakan proses mengemudi dengan memungkinkan pengemudi mengendalikan akselerasi dan deselerasi dengan satu pedal.

Selain Tesla, produsen lain seperti Mercedes-Benz (seri EQ), BMW (i3), Nio (ES6), dan beberapa model Xpeng, juga telah memasukkan mode satu pedal sebagai opsi.

Namun demikian, muncul kekhawatiran tentang keselamatan. Ketergantungan jangka panjang pada pengendaraan dengan satu pedal dapat menyebabkan reaksi pengemudi yang berubah dan potensi kesalahan saat pengemudi harus menekan pedal dalam keadaan darurat.

Dalam situasi yang mengharuskan pengereman mendadak, pengemudi yang terbiasa dengan pengoperasian satu pedal mungkin tidak bereaksi cukup cepat untuk beralih ke pedal rem, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca Juga
Ikuti Periskop Di
Reporter : Joko Priyono
Penulis : Tiamo Braudmen
Editor : Eka Budiman
rendi_widodo
rendi_widodo
Penulis
No biography available.