periskop.id - Ducati resmi meluncurkan penyegaran pada Multistrada V4 RS, yang menjadi model pertama di lini ini menggunakan mesin Desmosedici Stradale dari Panigale V4. 

Perpaduan mesin bertenaga, sasis khusus, dan teknologi elektronik terbaru ini dirancang untuk menghadirkan performa sport yang tetap nyaman digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

Melansir Visordown, jantung pacu motor ini adalah mesin V4 1.103 cc dengan sistem katup desmodromic, kopling kering, dan knalpot Akrapovič yang dibuat khusus. 

Ducati mengatur ulang karakter mesin agar lebih halus di putaran rendah, namun tetap mempertahankan tenaga buas di putaran tinggi. Mesin yang sudah memenuhi standar Euro 5+ ini mampu menghasilkan 177 hp dan berputar hingga 13.500 rpm. Rasio gir akhir dibuat lebih pendek dibanding Multistrada Pikes Peak, sementara gearbox tetap sama. Fitur Ducati Quick Shift (DQS) 2.0 hadir sebagai standar.

Kopling kering STM-EVO SBK berbahan aluminium billet, yang juga digunakan di superbike Ducati, menjadi salah satu komponen unggulan. Seperti mesin Desmosedici Stradale lainnya, silinder belakang dapat nonaktif saat motor berhenti di netral dan suhu di atas 70°C untuk mengurangi panas.

Lengan ayun tunggal aluminium dan pelek tempa Marchesini menjadi perlengkapan standar, dibalut ban Pirelli Diablo Rosso IV Corsa ukuran 120/70 ZR17 di depan dan 190/55 ZR17 di belakang. Suspensi mengandalkan Öhlins Smart EC 2.0 semi-aktif, memungkinkan pengendara memilih mode seperti Track, Dynamic, Touring, dan Low Grip secara terpisah dari mode berkendara.

Sistem pengereman mengusung cakram depan 330 mm dengan kaliper Brembo Stylema dan kampas dari Panigale V4, serta cakram belakang 280 mm dengan kaliper mengambang Brembo. Bosch-Brembo 10.3ME ABS Cornering menjadi standar, dilengkapi teknologi baru yang mengatur rem belakang meski hanya tuas depan yang digunakan. Bobot motor dipangkas berkat pelek tempa, bodi serat karbon, subframe titanium, dan baterai lebih kecil, membuatnya 3 kg lebih ringan.

Dari sisi elektronik, V4 RS membawa paket teknologi terbaru Ducati, termasuk radar depan-belakang untuk Adaptive Cruise Control dan Blind Spot Detection. Fitur baru Ducati Vehicle Observer (DVO), hasil pengembangan MotoGP, mampu menghitung gaya yang bekerja pada motor secara real time untuk mengoptimalkan traksi, kontrol wheelie, dan ABS. 

Tersedia empat mode tenaga (Full, High, Medium, Low) dan lima mode berkendara (Race, Sport, Touring, Urban, Wet). Mode Full Power hanya ada di varian RS, memberikan tenaga maksimal di setiap gigi.

Panel instrumen TFT 6,5 inci kini menampilkan grafis ala superbike Ducati, lengkap dengan panel kontrol khusus untuk traksi, wheelie, dan ABS. Ducati Connect dengan mirroring smartphone menjadi standar, dilengkapi kompartemen ponsel berventilasi agar perangkat tetap dingin saat mengisi daya atau digunakan untuk navigasi. Desain eksterior mendapat sentuhan tail unit techno-polymer yang lebih ramping, komponen forged carbon seperti spakbor dan handguard, serta logo RS di bodi, kunci, dan layar.

Posisi berkendara dibuat lebih sporty dengan pijakan kaki lebih tinggi dan mundur, setang lebih rendah dan sempit, serta grip lebih empuk. Multistrada V4 RS akan diproduksi dalam jumlah terbatas, masing-masing dilengkapi pelat aluminium bernomor seri di triple clamp. 

Motor ini hanya tersedia dalam satu varian dengan livery khusus RS. Pengiriman di Eropa dimulai November 2025, disusul Amerika Serikat, Jepang, dan Australia pada akhir 2025 hingga awal 2026.