periskop.id - Aprilia resmi memperkenalkan motor khusus track terbarunya, RSV4 X-GP, pada akhir pekan lalu di ajang Catalunya Grand Prix. Motor ini dibuat untuk merayakan satu dekade sejak RS-GP pertama kali turun di lintasan MotoGP.
Melansir Visordown, untuk menandai momen tersebut, Aprilia menghadirkan RSV4 paling ekstrem yang pernah mereka buat, dibekali teknologi setara purwarupa dan hanya diproduksi 30 unit di seluruh dunia.
Dari segi performa, di atas kertas motor ini bukanlah motor mainan, 238 tenaga kuda, bobot 165 kg, dan banderol €90.000 (Rp1,5 miliar) belum termasuk pajak.
RSV4 X-GP menjadi model kelima dalam lini eksklusif “X” Aprilia, setelah RSV4 X (2019), Tuono X (2020), RSV4 X Trenta (2022), dan RSV4 X ex3ma (2024). Setiap generasi selalu membawa teknologi yang semakin dekat dengan MotoGP, dan X-GP jadi motor yang paling dekat adalah yang paling mendekati sejauh ini.
Secara tampilan, fokus utamanya adalah aerodinamika. Aprilia mengadopsi teknologi leg wing dan tail wing langsung dari RS-GP25, menjadikannya motor pabrikan pertama di dunia yang menggunakannya.
Perangkat ini bekerja bersama front wing, under wing, dan cornering winglets untuk menciptakan downforce besar saat pengereman, di tikungan, bahkan di lintasan lurus demi menjaga roda depan tetap stabil.
Bagian subframe belakang juga merupakan warisan MotoGP, menggunakan penopang jok karbon buatan PAN Compositi yang berfungsi ganda sebagai pengurang bobot dan penunjang aerodinamika. Ditambah knalpot ganda SC-Project ala MotoGP, fairing full karbon, dan livery khusus RS-GP25, motor ini secara visual dan teknis sangat mendekati tunggangan pembalap seperti Jorge Martin.
RSV4 X-GP menggendong mesin V4 1.099 cc dengan sudut 65 derajat telah diatur ke spesifikasi penuh Superbike, menghasilkan tenaga 238 hp pada 13.750 rpm dan torsi puncak 96 lb ft.
Peningkatan ini dicapai berkat filter balap Sprint, intake trumpet yang dimodifikasi, rasio kompresi lebih tinggi, kopling kering STM, dan sistem knalpot SC-Project bergaya MotoGP.
Sistem elektroniknya dikendalikan oleh APX Racing ECU, unit yang sama digunakan pada RSV4 juara WorldSBK. Fitur seperti kontrol traksi, engine brake, distribusi tenaga, anti-wheelie, pencatatan data, hingga GPS dapat diatur penuh. Setiap pembeli bahkan akan mendapatkan laptop Yashi berisi perangkat lunak manajemen mesin, sehingga bisa tampil layaknya tim pabrikan saat track day.
Rangka aluminium RSV4 dipadukan dengan suspensi mekanis Öhlins, garpu depan FKR, dan shock belakang TTX piggyback. Sistem pengereman menggunakan kaliper billet Brembo GP4-MS dengan cakram T-Drive 330 mm. Velg magnesium Marchesini dibalut ban slick Pirelli spesifikasi WorldSBK (125/70 SC1 depan, 200/65 SCX belakang).
Hampir semua komponen yang ada di RSV4 X-GP adalah komponen balap, mulai dari spatbor karbon, switchgear Jetprime, rearset Spider, sproket titanium PBR, hingga rantai RK 520.
Setiap unit akan diberi nomor khusus dan dilengkapi perlengkapan eksklusif seperti tyre warmer, paddock stand, karpet, cover, dan sertifikat keaslian NFT.
Lebih seru lagi, pembeli juga akan diundang ke pabrik Aprilia di Noale untuk mengambil motor secara langsung, memberikan pengalaman layaknya pembalap MotoGP.
Tinggalkan Komentar
Komentar