periskop.id - Demi meningkatkan rasio kepemilikan kendaraan di Tanah Air, PT Jetour Motor Indonesia (JMI) mengusung strategi ekspansif lewat langkah yang mereka dorong adalah lokalisasi produk demi menekan harga jual kendaraan agar lebih terjangkau bagi masyarakat. 

“Kita berusaha untuk ada optimalisasi di rantai pasok agar outputnya menghasilkan harga lebih kompetitif untuk konsumen,” ujar Marketing Director JMI, Moch Ranggy, dikutip dari Antara, Kamis (31/7).

Menurut Ranggy, rasio kepemilikan kendaraan yang masih di angka 99 per 1.000 penduduk menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi industri otomotif. Konsumen Indonesia masih cenderung memilih kendaraan dengan harga di bawah Rp500 juta, sehingga diperlukan inovasi harga dan pendekatan pembiayaan yang lebih inklusif. 

Baca juga: Mobil Hybrid Paling Cocok Buat Indonesia Hingga 25 Tahun Ke Depan

“Kami terus memantau lanskap ekonomi dan pergeseran perilaku konsumen di Indonesia,” tambahnya.

Salah satu implementasi nyata dari strategi tersebut adalah rencana lokalisasi model Jetour T2—kendaraan SUV yang baru saja diperkenalkan di pasar Indonesia. 

Menurut Ranggy, Jetour T2 sebelumnya mendapat sambutan positif di kawasan Timur Tengah dan kini siap menjalani proses produksi dalam negeri dengan skema CKD (completely knock-down) melalui fasilitas Handal. Langkah ini ditujukan untuk menekan biaya produksi sekaligus mendukung kebijakan industri dalam negeri.

Jetour T2 sendiri hadir dengan konsep “Rugged Adventure SUV” dan menawarkan desain boxy yang ikonik, dibalut dengan fitur-fitur modern yang menyasar segmen pengguna aktif. 

Kendaraan ini dibekali mesin Kunpeng Power 2.0TGDI dan teknologi penggerak pintar XWD (X Wheel Drive) yang memungkinkan perpindahan otomatis antara 2WD dan 4WD, memberikan fleksibilitas berkendara di berbagai medan.

“Teknologi ini memungkinkan Jetour T2 beradaptasi secara optimal dengan kondisi jalan yang beragam di Indonesia,” kata Ranggy, meyakinkan bahwa performa kendaraan tidak dikompromikan meski menyesuaikan harga agar lebih kompetitif.

Baca juga: Unik, Isuzu Luncurkan Pickup Truck Traga Edisi Terbatas

Secara dimensi, SUV ini dirancang agar tetap sesuai dengan karakteristik jalan nasional: panjang 4.785 mm, lebar 2.006 mm, dan tinggi 1.880 mm, dengan wheelbase 2.800 mm. Spesifikasi tersebut diyakini membuat Jetour T2 tetap nyaman dan lincah di berbagai kondisi lalu lintas perkotaan maupun medan terbuka.

Menggabungkan efisiensi produksi, inovasi produk, dan pendekatan pembiayaan konsumen, Jetour Motor Indonesia berharap bisa berkontribusi dalam memperluas kepemilikan kendaraan secara nasional.